Thursday, July 25, 2013

Perjalanan Panjang Honda Supra X series

Bismillah ..

Salam Satu Hatu :)

 

Honda Supra X adalah salah satu merk dagang sepeda motor bebek yang di produksi oleh Astra Honda Motor. Sepeda motor ini diluncurkan dengan nama Supra X 100 pada tahun 2001 dan diredesign menjadi Supra X 125 pada tahun 2005 untuk menggantikan Honda Karisma. Honda Supra X diluncurkan juga dengan menggunakan sistem injeksi pada sistem bahan bakarnya walau kurang sukses, namun dilanjutkan lagi oleh Supra X 125 Helm In PGM-FI. Jargon Supra X adalah "Rajanya Motor Bebek". Supra X merupakan kasta tertinggi dari motor bebek Honda.


Generasi Pertama (2001-2005)


Pada tahun 2001, Astra Honda Motor melakukan perubahan pada nama Honda Supra. Yaitu Honda Supra X 100 dengan 100cc, dan Supra Fit dengan 100cc pula, bedanya Supra Fit tidak menggunakan rem cakram dan merupakan versi murah dalam jajaran Supra Series. Kelemahan yang begitu mencolok dari motor ini adalah tenaganya yang kalah kuat dan kalah cepat dari kompetitornya, karena saat itu kompetitor sudah menggunakan mesin 110 cc sementara Supra X ini masih 100 cc.

Generasi Kedua (2005-2007)


Honda Supra X 125 Generasi 2
Merupakan disain ulang (redesign) dari Supra X 100, desain Supra pada generasi ini mengalami pembengkakan sehingga lebih lebar hal ini didasari oleh mesin yang juga ditingkatkan menjadi 125cc yang tak lain untuk meningkatan kenyamanan dan keamanan pengendara. Pada generasi ini juga telah menggunakan Speedometer digital yang diadopsi dari pendahulunya yaitu Honda Karisma. perubahan juga terjadi di sektor wajah yang kini menggunakan headlamp lebih besar serta berubahnya letak lampu sein yang kini berada di sudut leg shield serta tersedianya bagasi untuk meletakkan barang bawaan. Pada generasi ini pula lah honda dengan bangga memperkenalkan teknologi injeksi PGM-FI pertama kali pada kelas sepeda motor bebek.



Generasi Ketiga (2007-2011)

Honda Supra X 125 R Generasi 3
Generasi ini merupakan facelift dari generasi sebelumnya, perubahan besar terjadi pada bagian wajah, kini Headlampnya telah dilengkapi 2 buah bohlam (generasi sebelumnya hanya memakai 1 bohlam). turun ke sisi leg shield pada bagian ini juga mendapat sentuhan baru yakni dibuat lebih tajam sehingga terkesan lebih sporty, spakbor depan diganti dengan model Honda Revo 100cc yang lebih meruncing. kesan sporty juga ditunjukan dengan digantinya desain knalpot yang lebih sporti menyerupai model knalpot Honda Revo 110cc serta Suzuki Satria F. Untuk pengereman kini sudah dilengkapi dengan Double disk brake (hanya varian PGM-Fi dan R) 

Generasi Keempat (2011-sekarang)


Perubahan besar terjadi pada generasi ini yang kini telah mengusung tagline Helm-in, Bagasi luas memang menjadi senjata utama pada generasi ini. entahlah mungkin pada generasi ini Supra X lebih mengarah pada keluarga Indonesia dengan mobilitas yang tinggi. Namun pada generasi ini mengalami penurunan teknologi yaitu dihilangkannya Speedometer digital seperti yang digunakan kakak- kakaknya terdahulu. Namun teknologi ini diganti dengan perubahan model stoplamp yang kini telah menggunakan LED berbentuk huruf X. Seperti tagline nya  yaitu Helm-in. Honda Supra X generasi ini memiliki bagasi terluas dikelasnya yaitu 19,5 Liter dan tangki bahan bakar yang besar yaitu 5,6 liter.

Tentunya masih banyak fitur yang digunakan pada Honda Supra X 125 series ini, namun tidak saya sebutkan diatas .. 

Wassallammualaikum.. 
Salam Satu Hati :) 

 

No comments:

Post a Comment